Pelatihan sertifikasi halal kepada pelaku usaha Kota Langsa oleh HCCM Aceh

Pelatihan sertifikasi halal kepada pelaku usaha Kota Langsa oleh HCCM Aceh

Langsa, Halal Center Cendekia Muslim Aceh- Kepala Kantor Halal Center Cendekia Muslim Safrizal melakukan Pelatihan kepada Pelaku Usaha (PU) Kota langsa yang dilaksanakan di ruangan Dekranasda sabanyak 26 orang. Kegiatan ini dilakukan mulai pukul 10.00-16.30 Wib dengan metode presentasi dan kemudian Diskusi serta dipraktikkan cara penginputan pada Aplikasi SIHALAL dengan menggunakan akun PU masing-masing dan cara pengisian Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) . Selasa, (16/08).

Safrizal Kepala Kantor HCCM Aceh menyebutkan, "Pelatihan ini sangat penting dilakukan agar Pelaku Usaha bisa mendaftarkan Produk nya di akun SiHalal dengan skema Self Declare. Yakni pernyataan yang dikeluarkan oleh Pelaku Usaha Mikro dan Kecil atas kehalalan suatu produk. Dan Pendamping Proses produk Halal (Pendamping PPH) Yang melakukan Verifikasi dan Validasi (Verval) pernyataan kehalalan oleh Pelaku Usaha".

"Pelaku Usaha wajib mengetahui cara pengisian SJPH dan penginputan data Produk ke Aplikasi SIHALAL. Setelah itu pendamping PPH melakukan Verval yang diajukan oleh Pelaku Usaha". Sambung Safrizal juga seorang Penyuluh Agama Islam Non PNS di Aceh Tamiang serta Dosen STAI Aceh Tamiang. 

Pelaku Usaha yang mengikuti pelatihan Sosialisasi Sertifikasi Halal Self Declare sangat serius mengikuti pelatihan mengingat kegiatan ini sangat penting bagi mereka agar produk tersebut mendapatkan Sertifikat Halal atau Lebel Halal dari Kementerian Agama.

Salah satu pelaku usaha atas nama Sundari mengatakan "saya mewakili teman-teman, bahwa semua sangat bersyukur bisa mengikuti pelatihan ini. Kami sangat berharap produk kami bisa dikeluarkan Sertifikat Halal oleh Kementerian Agama"

Pelaku Usaha Yang mengikuti pelatihan ini sudah memiliki Nomor Izin Berusaha (NIB) dan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) jadi ada satu lagi yang belum dimiliki oleh Produk mereka yaitu Sertifikat Halal. Manfaat dari Sertifikat Halal ini selain untuk memberikan jaminan keamanan pada konsumen juga memberikan kesempatan memperluas jangkauan pasar.

Dengan dokumen Sertifikasi yang sudah lengkap, jauh lebih mudah memasarkan produk hingga mancanegara. Terlebih saat ini banyak negara mewajibkan pencantuman logo halal untuk produk impor.